Metamorphosa Pemuda


“Kalian adalah sebaik-baik umat yang dilahirkan bagi manusia, kalian menyuruh (berbuat) kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran dan kalian beriman kepada Allah”

QS. Ali imran Ayat 110

 

Mengapa Mahasiswa?

Seorang pemikir Islam, Hasan Al-Banna pernah mengatakan sejak dulu sampai sekarang pemuda adalah pilar kebangkitan. Dalam setiap kebangkitan, pemuda adalah rahasia kekuataannya. Dalam setiap fikroh, pemuda adalah pengibar panji-panjinya.

Berbicara tentang pemuda (mahasiswa_red) berarti kita membicarakan tentang masa depan dan perbaikan bangsa. Sebab, mahasiswa-lah yang nantinya akan menjadi salah satu tonggak perubahan masa depan. Membangun Peradaban. Ya, itulah yang akan kita lakukan di kampus ini.

Mahasiswa memiliki sekian banyak potensi besar untuk senantiasa bergerak. Mereka memiliki peluang untuk bergerak menjangkau setiap elemen masyarakat baik secara vertikal maupun horizontal, hingga kesempatan besar untuk menjamah berbagai sektor, baik publik maupun privat. Meskipun tentu saja kita tak bisa menafikan potensi yang ada dalam internal diri mahasiswa itu sendiri yakni memiliki kekhasan dalam idealisme dan daya saing, sehingga selain terbuka terhadap segala informasi, mereka juga tetap menggunakan logika dalam mengambil setiap keputusan.

 

Peran Strategis Mahasiswa dalam Membangun Kampus Madani

 

“..Hendaklah kamu menjadi orang-orang yang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya..” (QS Ali Imran :79)

 

Kita adalah da’i sebelum menjadi apapun. Sebagai seorang da’i kita tidak boleh berdiam diri dengan kebathilan yang kini kerap menyebar luas di Indonesia.

Seorang da’i hendaknya menjadi sumber inspirasi perubahan, yang mampu memimpin dan melayani lingkungannya, sehingga kehadiran citra positif terhadap nilai-nilai Islam dapat terwujud.

Kita hadir bukan hanya untuk mengutuk fenomena-fenomena yang kini terjadi, bahkan sekedar berdiam diri saja, kita perlu bergerak dan menjadi bagian dari solusi. Sehingga, perlu kiranya kita berhimpun dalam lingkungan kebaikan  untuk membentuk fokus kerja nyata dan dakwah langsung pada civitas akademik kampus, maupun masyarakat pada umumnya.

 

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan” (QS. Al Mujadilah :11)

 

Di tengah berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa ini, mahasiswa sebagai kaum intelektul mendapat tugas memberikan solusi terhadap problematika masyarakat dengan mengkritisi dan menghasilkan solusi efektif. Mahasiswa diharapkan lebih memainkan peranan sebagai problem solver sehingga terciptalah gagasan dan produk baru yang bermanfaat sebagai pertanggungjawaban kapasitas intelektual mahasiswa dalam ranah akademik.

Pertanyaannya, bisakah kita menjadikan kampus sebagai embrio dari sebuah peradaban madani dengan ilmu pengetahuan sebagai landasan?

 

Ada proyek pembaruan yang mesti kita rampungkan. Proyek ini selamanya hanya akan menjadi konsep yang terformat di dalam pikiran dan tertulis di memoar kita, dan pada akhirnya usang dan lapuk oleh usia ketika tidak segera direalisasikan.

Kita membutuhkan energi perjuangan untuk melahirkan kekuatan perubahan. Kita membutuhkan pemuda yang tangguh dan idealis untuk merealisasikannya.

Maka, ambilah peran sebagai creator of change itu, pencipta perubahan yang mampu mentransformasikan kehidupan kampus agar tersibghah dengan nilai-nilai rabbani.

 

Mulailah untuk melihat pada diri, komunitas mana yang dapat menjadi ‘ladang amal’ bagimu. Apakah itu di kelas, ataupun kelompok minat tertentu. Bergaul-lah dengan mereka, jadikan mereka sahabat, buat sahabatmu percaya padamu, lalu jadikan kepercayaannya instrument untuk mengajaknya terus melangkah dalam menjalani kebaikan.

Salam Sukses Luar Biasa.

Allahuakbar!!

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s