Grand Desain Magang SKI FKIP UNS


GRAND DESAIN MAGANG SKI FKIP UNS

 

Agenda magang yang diselenggarkan SKI FKIP UNS merupakan rangkaian follow up kaderisasi demi mewujudkan kader-kader pemuda muslim yang memiliki kecintaan terhadap agamanya. Selain itu, diharapkan selama peserta mengikuti seluruh rangkaian agenda magang peserta dapat lebih dekat mengenal SKI sehingga ketika nanti dibuka open recruitmen pengurus SKI, pengurus telah siap mengemban amanah dalam struktur kepengurusan SKI FKIP UNS. Bila pun tidak mengikuti oprec, harapannya para peserta magang memiliki kapasitas keilmuan dan pengorganisasian yang mumpuni dalam kaitannya dengan kelembagaan dan organisasi.

  1. Urutan agenda MAGANG
    1. Pendaftaran Magang SKI FKIP UNS (2-12 oktober 2012)

Pada hari-hari tersebut peserta magang akan mendapatkan publikasi mengenai terselenggaranya kegiatan magang melalui beberapa jalur : jarkoman sms, pamfletisasi, serta melalui media-media elektronik, seperti : facebook, website SKI, dan group FKIP UNS 2012.

  1. Screening Magang SKI FKIP UNS (8-12 oktober 2012)

Para peserta magang akan di screening terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan magang. Hal ini dimaksudkan agar peserta bisa ditempatkan di bidang yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki agar peserta magang benar-benar terupgrade kapasitasnya baik secara individu maupun kolektif.

Peserta diberi form pendaftaran berisi biodata dan minat magang di SKI FKIP UNS.

  1. Grand Opening Magang SKI FKIP UNS (17 Oktober 2012)

Grand Opening Magang SKI FKIP UNS adalah acara seremonial untuk mengawali seluruh kegiatan magang yang akan dilaksanakan. Dalam grand opening ini peserta akan diberi pantikan motivasi mengenai peran seorang mahasiswa sebagai insan akademis sekaligus wujud pengabdiannya pada agama, lingkungan sekitar, masyarakat, dan bangsanya dengan aktif berorganisasi untuk meningkatkan skill dan kemampuan personalnya.

  1. Magang SKI FKIP UNS (17 Oktober-22 Desember 2012)

Magang akan dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan. Selama magang berlangsung akan ada serangkaian agenda untuk peserta magang. Yaitu :

  1. a.      Magang Bidang

Tujuan dilaksanakannya magang bidang adalah agar peserta mengetahui dan mengenal bidang SKI dengan baik sehingga timbul rasa kecintaan yang mendalam menjalani dakwah dengan wasilah dan wajihah yang ada di SKI FKIP UNS. Diharapkan, setelah dua bulan menjalani agenda magang, peserta dapat mengenal dengan baik seluruh pengurus SKI, khususnya di bidang tersebut, termasuk juga mengenal dengan baik mengenai kondisi bidang (arahan ketua umum, program kerja bidang, dan agenda-agenda yang akan dilaksanakan bidang selama magang SKI berlangsung).

Di akhir agenda magang bidang, tiap kelompok diwajibkan membuat suatu karya (bisa berupa mading, buletin, film, dan ide kreatif dan inovatif lainnya), karya terbaik akan mendapatkan penghargaan dari panitia magang.

  1. b.        SKI Open House Bidang (SOHB)

SKI Open House Bidang dilaksanakan oleh seluruh bidang di SKI FKIP UNS dengan tujuan mengenalkan bidang-bidang tersebut kepada seluruh peserta magang. Hal ini bertujuan agar peserta magang tidak hanya mengenal dengan baik bidang tempat peserta magang berada, tapi juga mengenal bidang-bidang yang lain. Sehingga, tidak ada fanatisme terhadap bidang tertentu. J

Tak hanya itu, dengan mengenal bidang-bidang yang dikemas dalam SKI Open House Bidang.

Teknis SOHB :

Peserta akan diberi jadwal matrikulasi kegiatan SKI selama sejak pembukaan magang sampai dengan MUASKI. Selama periode itu, SOHB akan disisipkan dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing bidang.

Misal : akan dibuka SKI Open House Bidang Dakwah yang di merger dengan Kajian Rutin Dua Minggu Sekali (KARDUS), maka disamping peserta mendapatkan kajian, peserta magang juga akan mendapatkan informasi terkait bidang dakwah

  1. c.       Suplemen Magang

Suplemen magang akan dilaksanakan setiap 1 bulan sekali dengan materi :

–        Manajemen Tawazun

–        Fiqh Prioritas

–        SPIRIT (Suplemen Pemuda Islam yang Religius dan Intelek)*) acara dibuka

–        untuk umum, bukan hanya peserta magang SKI.

Suplemen ini bertujuan untuk meningkatkan khazanah keilmuan dalam aplikasi keIslaman yang ditujukan khusus untuk peserta magang.

  1. d.      Plotting Panitia

Peserta akan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dengan melibatkan diri dalam kepanitiaan agenda-agenda yang dilangsungkan oleh SKI FKIP UNS sebagai panitia. Peserta akan mendapatkan lembar form berisi perekrutan panitia kegiatan SKI, di form tersebut tercantum agenda bidang di SKI yang membuka perekrutan panitia untuk magang.

Peserta magang diberi otoritas memilih untuk menjadi panitia di bidang apapun. Magang kepanitiaan tidak bergantung pada dibidang mana peserta tersebut magang. Misal : Peserta magang bidang pembinaan boleh menjadi panitia acara yang dilakukan bidang Kemuslimahan.

Peserta yang tidak memilih manjadi panitia dianjurkan atau diarahkan untuk mengikuti acara SKI.

Peserta magang akan diperlakukan sama dengan panitia pada umumnya. Peserta magang diikutsertakan dalam sosialisasi panitia yang dikoordinir oleh pengurus SKI yang menjadi PJ dalam acara tersebut (ketupat,sekertaris dan panitia acara yang sedang berlangsung).

Pada agenda magang (Plotting panitia) peserta magang tidak lagi terikat dengan kelompok magang bidang, jadi tiap orang dalam satu kelompok yang sudah di bagi tidak harus jadi satu kepanitiaan.

.

  1. Grand Closing Magang SKI FKIP UNS (22 Desember 2012)

Acara penutupan ini akan berisi :

  1. games dan outbond (GAMES BOND)
  2. Kompetisi kreatifitas antar kelompok magang bidang

MARI ME-REAL-KAN KONSEP ^_^

45 hari sebelum muaski

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s