SKI, Rumah Keindahan-ku


Mengenal lebih dekat, ‘SKI FKIP UNS’

                   

  1. A.    Sejarah SKI FKIP UNS

Sesungguhnya Allah mencintai arang-orang yang berperang di jalan Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.( QS. As-Shaff:4)

Wahai orang-orang yang beriman, Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.(QS. Muhammad:7).

SKI FKIP UNS dibentuk karena sangat dibutuhkannya sebuah lembaga yang memiliki status formal untuk mewadahi potensi dan aspirasi umat Islam civitas akademika di FKIP UNS.

Sentra Kegiatan Islam (SKI) FKIP UNS merupakan satu-satunya UKM di FKIP yang membidangi khusus terkait dengan ke-Islaman. SKI FKIP UNS lahir pada bulan Agustus 1993, berdasarkan  SK:SEMA FKIP UNS Nomor 063/KPTS/SEMA_FKIP/VIII/1993. semula bernama Sie Kerohanian Islam. Namun pada MUASKI (Musyawarah anggota SKI) XI pada bulan Mei 2002, diganti menjadi Sentra Kegiatan Islam sampai sekarang, tentunya dengan esensi yang sama. Jadi, boleh-lah dibilang kalau SKI FKIP itu adalah Rohis-nya FKIP. J

  1. B.     Makna Lambang SKI

Secara terperinci makna lambang SKI sebagai berikut;

    1. Tulisan SKI berarti Sentra Kegiatan Islam
    2. Tulisan FKIP UNS berarti berkedudukan di FKIP UNS
    3. Lingkaran berarti lahan dakwah
    4. Bulan sabit berarti kebangkitan Islam
    5. Putih berarti kesucian
    6. Hijau berarti kesejukan
    7. Kuning berarti kejayaan Islam
    8. Hitam berarti kepastian

Secara keseluruhan SKI memiliki makna bahwa SKI FKIP UNS membawa misi mensyiarkan ajaran islam yang suci untuk FKIP UNS dengan penuh kepastian menuju kebangkitan dan kejayaan Islam.

 C.      VISI  SKI FKIP 2011

SKI FKIP UNS sebagai pusat kegiatan dakwah islam di fakultas mampu meningkatkan spiritualitas masyarakat kampus untuk mewujudkan nuansa kampus yang islami.

Mengenal Bidang- Bidang di SKI FKIP UNS

  1. SEKRETARIS UMUM

Bidang Kesekretariatan dibentuk untuk membantu mengoptimalkan kinerja dakwah SKI FKIP melalui penyediaan dan pengelolaan sarana, prasarana, dan logistik dalam mendukung kegiatan dakwah.

Ranah kerja bidang ini meliputi :

  1. Pengoptimalan fungsi sekretariat SKI FKIP UNS

Sekre bisa memberikan gambaran bagaimana kinerja sebuah lembaga. Manajemen yang baik terhadap sekre menjadi sebuah tuntutan karena pada dasarnya sekre juga dijadikan base camp maupun tempat transit anggota. Sekre yang baik adalah sekre yang bisa memberikan rasa nyaman dan aman. Kalau kalian melihat sekre SKI memberi rasa itu, maka SEKUM-lah yang berada dibalik itu semua.

  1. Penyediaan, pengelolaan, dan pengamanan sarana dan prasarana

Sekum juga bertugas untuk melakukan pendataan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan sebuah lembaga seperti surat masuk dan keluar, pendataan anggota, pendataan kebijakan-kebijakan, pendataan proposal kegiatan dan laporan pertanggungjawabannya yang sangat berguna dalam menjaga keberlansungannya agar dapat sustainable.

  1. Menjaga Kesolidan Pengurus

Sekum juga-lah yang berada dibalik nuansa kekeluargaan yang menyelimuti rasa ukhuwah di SKI FKIP UNS dengan secara rutin ataupun berkala mengadakan Rapat Kerja, Rekapitulasi Data Pengurus SKI, Penertiban Administrasi SKI, Rapat Harian Lengkap, Rapat Harian Terbatas, PLENO SKI, dan MUASKI.

 

  1. BENDAHARA UMUM

Karena SKI adalah organisasi sosial nonprofit (suatu organisasi mahasiswa yang semua kegiatannya tidak bertujuan untuk mencari laba) maka SKI harus memiliki sistem keuangan yang tidak hanya baik tetapi juga kreatif agar uang yang tersedia bisa efisien dan efektif membiayai agenda dakwah.

Bidang Bendum memilki tugas untuk melakukan manajemen keuangan guna mengatur lalu lintas dana yang terjadi, pendistribusiannya pada masing-masing aktivitas, serta pertanggungjawabannya pada masyarakat, khususnya lingkungan civitas akademika UNS. Fungi ini dihandle oleh Departemen ADMINKEU (Administrasi Keuangan).

Program Kerja Departemen ADMINKEU : Pembukuan Administrasi Keuangan, Temu Bendahara Bidang, Iuran Pengurus dan Bidang, Donatur Tetap SKI

Selain itu, bidang ini juga melakukan penggalangan dana yang handal dan senantiasa bergerak dinamis untuk mewujudkan SKI yang memilki kemapanan dalam segi keuangan sehingga agenda dakwah dapat berjalan dengan optimal. Pernah membeli makanan di depan SEKRE dan PERPUS SKI? Atau, pernah lihat mbak/mas memakai Jaket dan HEM SKI. Nah, itu kerjaan Departemen KWU SKI FKIP UNS. Oke kan?

Program Kerja Departemen KWU : Seragam SKI, KANTIN SKI, Relasi, Toko Online SKI, dan lain-lain.

  1. BIDANG PEMBINAAN
  1. Departemen Kaderisasi

Departemen kaderisasi merupakan salah satu departemen dalam struktur kepengurusan SKI FKIP UNS yang dibentuk sebagai poros pengoptimalan syiar dakwah dengan menjalankan konsep dan alur pengkaderan yang terimplementasi dalam rangkaian program-program kerja.

Dekad SKI FKIP UNS berorientasi pada kegiatan perekrutan, pembinaan, dan pengkaryaan yang merupakan upaya kami untuk mengusung keberlanjutan organisasi dakwah yang kita cintai bersama ini dengan terus berjuang menjalankan fungsinya untuk melahirkan kader-kader handal yang proaktif dan kontributif demi melanjutkan tongkat estafet dakwah.

Beberapa  Program Kerja Dekad yang telah dan sedang terlaksana adalah : Buletin Mini ‘Bingkisan’, Launching IKARIE 2011, Training Kepemudaan SUPER KEREN, Pembentukan Forum Angkatan Mahasiswa Muslim FKIP UNS 2012, dan Magang SKI. Untuk ke depan, proker yang akan dilaksanakan yaitu : SPIRIT dan TEMU FORUM ANGKATAN 2009-2012.

  1. Departemen Pembinaan Pengurus

DPP merupakan departemen yang khusus menangani kondisi internal pengurus SKI. Meliputi :

a. upaya peningkatan ukhuwah, soliditas, loyalitas, dan semangat amal jama’I pengurus.

b. upaya peningkatan kualitas ruhiyah, diniyah, dan tsaqofah keIslaman pengurus. c. memantau keaktifan dan kinerja pengurus, serta d. upaya meningkatkan skill pengurus SKI FKIP UNS.

Program Kerja Departemen Pembinaan Pengurus : GRADASI (Up Grading Ala SKI, Kajian Pengurus SKI, LIGA SKI, SKI In Action, dan lain-lain.

  1. BIDANG DAKWAH
  1. Depertemen Syiar

Departemen syiar merupakan salah satu departemen dalam struktur kepengurusan SKI FKIP UNS yang dibentuk untuk membantu mengoptimalkan syiar dakwah melalui syiar, baik itu dalam bentuk media elektronik, cetak, kegiatan berupa kajian, tasqif, dan lain sebagainya. Dalam menjalankan program kerjanya, Departemen Syiar senantiasa mengangkat tema-tema aktual sesuai dengan kebutuhan masyarakat kampus serta mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam merancang produk-produk syi’ar, tidak terpaku hanya pada format-format yang telah ada sehingga tidak menimbulkan rasa bosan dan monoton.

Contoh Program Kerja : Kajiian Rutin Dua Minggu Sekali (KARDUS) yang dilaksanakan belakangan ini dengan tema ‘My Name is ROHIS, and I’m Not A Terrorist’untuk menyikapi isu mengenai stigma yang dilancarkan salah satu stasiun televise bahwa rohis adalah akar / generasi baru terorisme. Ada juga Mocca_Prodi, Kajian Kristologi, dan Semarak wilayah.

  1. Departemen Media

Departemen Media merupakan salah satu departemen dalam struktur kepengurusan SKI FKIP UNS yang dibentuk untuk membantu mengoptimalkan syiar dakwah melalui media informasi dalam rangka mewujudkan kampus UNS sebagai kampus yang Islami. Departemen Media berorientasi pada : Pemanfaatan Media Informasi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia, mengikuti perkembangan zaman namun tetap mempertahankan identitas keIslaman serta Pengembangan Skill yang dimiliki Kader untuk mengelola media yang tersedia.

Contoh Program Kerja : Buletin SKI Al-Fatih, Mading SKI, Majalah Elektronik, dan lain-lain.

  1. BIDANG HUMAS

Hubungan Masyarakat, atau sering disingkat humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu /organisasi. Humas bagaikan sebuah lampu depan (perwajahan) dari sebuah lembaga. Bagaimana orang-orang melihat/memandang dakwah kita, tidak terlepas dari kinerja  dan  peran aktif  Humas, dalam  mencitrakan lembaga dakwah  kita.

Bidang ini dibentuk untuk membantu mengoptimalkan syiar dakwah dengan  menciptakan pengertian publik yang lebih baik serta perbaikan dan peningkatan hubungan kelembagaan organisasi dengan elemen-elemen yang berada di dalam maupun di luar kampus.

HUMAS mengemban amanah untuk melaksanakan 1. pengkoordinasian dengan link-link internal dan eksternal kampus sebagai upaya pemanfaatan positif serta menujukkan eksistensi bagi lembaga dakwah 2. Penghubung yang menjembatani penyebaran info dari Departemen/Biro ke pihak luar atau sebaliknya dan silaturahim lembaga dakwah dengan elemen-elemen kampus. 3. Berperan sebagai sumber akses informasi terkini baik dari dalam maupun luar kampus yang dapat berdampak bagi pergerakan lembaga dakwah sehingga dapat bekerja profesional dan maksimal dalam mengemban amanah dakwah melalui program-program dan agenda kerja yang diusung bersama untuk mengoptimalkan syi’ar dakwah dengan menjalin hubungan yang baik dengan lembaga di dalam dan di luar kampus.

Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, HUMAS memilki dua departemen yaitu Departemen Humas Internal dan Humas Eksternal.

Jaringan internal meliputi elemen-elemen yang berada di dalam fakultas. Di antaranya ialah birokrat kampus (dekanat/fakultas, program studi/jurusan, administrasi fakultas), organisasi mahasiswa (BEM, himpunan, UKM), civitas akademika (dosen, karyawan, satpam).

Jaringan eksternal meliputi alumni, private sector (perusahaan, PT, CV), pemerintahan, tokoh, mediamassa, dan lembaga dakwah lain (LDF fakultas lain, Ormas Islam).

Contoh Program Kerja : Kunjungan SKI ke HMP-HMJ, Polling SKI, Kunjungan Ke Dosen dan Birokrat, Forkomsie, dan UKHUWAH FAIR.

  1. BIDANG SOSMA

Bidang ini adalah muara segala aktivitas yang dilakukan oleh SKI FKIP UNS dengan memberi kontribusi, kebermanfaatan, dan pelayanan terhadap umat atau objek dakwah. Tidak hanya memfokuskan diri dalam kampus saja tetapi juga memberi kontribusi lebih di masyarakat dengan pengelolaan dusun binaan.

Bidang Sosma memiliki visi menjadi sistem pendukung dakwah kampus yang fokus pada masalah sosial, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan.

Bidang ini memiliki dua departemen yaitu : Dept. ZIS dan Dept. Layanan Umat

  1. Dept. ZIS berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja ZIS (Zakat, Infaq, dan Sodaqoh) dalam membantu permasalahan umat muslim baik dalam lingkungan kampus maupun masyarakat pada umumnya.
  2. Dept. Layanan Umat berfungsi untuk melayani kebutuhan umat muslim, baik dilingkungan kampus dengan perawatan perpus SKI dan mushola-mushola yang ada disetiap gedung di FKIP UNS dan luar kampus dengan pengadaan TPA, Kajian, dan Bakti Sosial di dusun binaan SKI.
  1. BIDANG KEMUSLIMAHAN

Muslimah mempunyai titik tekan tersendiri dalam dakwah. Pendekatan dakwah ke muslimah memilki sebuah ciri khas yang tak bisa begitu saja dilepaskan. Sektor kemuslimahan memegang sebuah peranan untuk mengoordinir seluruh agenda yang berhubungan dengan muslimah, meliputi seluruh sektor yang ada (kaderisasi, syi’ar, internal ,dan jaringan). Dengan adanya sebuah sektor yang khusus menaungi bidang kemuslimahan ini diharapkan peran serta dan kontribusi muslimah dalam optimasi dakwah dapat optimal dan tentunya juga dalam rangka maksimalisasi persentuhan dakwah dengan muslimah.

Visi Bidang ini adalah untuk Membentuk Mahasiswi Terampil, Cerdas, dan Berakhlak Mulia.

Bidang Kemuslimahan memiliki dua departemen yaitu : Departemen Kerohanian Muslimah dan Departemen Kreativitas Muslimah.

Proker Dept. Kerohanian Muslimah : K_Mah CERIA, Muslimah Zone, J_Lita, SALAM SKI

Proker Dept. Kreativitas Muslimah : Madinah (Mading Muslimah, CABERS, IM3, SILADOS, MoLent, NOTIVE)

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s