Sekolah Penerus Bangsa – Trensetter Sekolah Kepemudaan BEM UNS


Pemuda sebagai aset masa depan bangsa memerlukan pembinaan terstruktur guna meningkatkan kapasitasnya sebagai director of change dan iron stock yang nantinya akan mampu mengemban peran mulia untuk membawa bangsa dan negeri tercinta menuju kesejahteraan dan kemakmuran.

Mengingat bahwa dalam dunia kampus-pun, diperlukan orang-orang yang telah memiliki bekal yang cukup memadai untuk mengimplementasikan sumbangsih gagasan, tenaga, dan kompetensi yang dimiliki dalam menjalankan berbagai lembaga maupun organisasi kemahasiswaan, maka BEM UNS membentuk sebuah wadah yang optimal untuk menampung semangat dan potensi mahasiswa baru angkatan 2012 untuk menimba ilmu, mengembangkan potensi dan kompetensi, bertukar pikiran, berdiskusi, menambah networking/ jaringan, serta wahana pengenalan dan aktualisasi diri.

SPB (Sekolah Penerus Bangsa) adalah salah satu sarana yang kami prakarsai untuk mahasiswa baru UNS angkatan 2012. Seperti layaknya sekolah pada umumnya, SPB memiliki kepala sekolah, materi dan kurikulum, serta tentor yang berkompeten di bidangnya masing-masing, selain itu peserta SPB juga akan didampingi oleh kakak-kakak asisten tentor yang akan membantu mengarahkan peserta dalam kelompok-kelompok kecil.

Metode penyampaian materi pun dibuat sevariatif mungkin, sehingga peserta tidak merasa jenuh dan bosan. Kelas akan dibuat selang seling indoor dan outdoor. Materi akan disampaikan dalam kelas besar, kemudian diperdalam lagi dalam kelompok-kelompok kecil yang dibuat random (sehingga tidak mengelompok per fakultas), tujuannya agar mahasiswa baru dapat mengetahui karakter masing-masing fakultas dan mampu berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda latar belakang keilmuan.

Kelompok kecil ini akan didampingi oleh seorang asisten tentor yang akan menjadi fasilitator dalam diskusi maupun pendalaman materi yang belum dikuasai saat disampaikan dalam kelas besar. Selain kelas indoor dan outdoor, materi juga akan diberikan dengan penugasan, seperti membaca buku terkait, searching di internet, serta pengenalan langsung ke lapangan.

Lebih jauh dan menarik lagi, di akhir sekolah (sebelum wisuda) akan ada tugas akhir yang akan merangkum keseluruhan aspek materi yang telah didapatkan selama SPB berlangsung.

Eitz, tapi jangan bayangkan tugas akhir ini akan menyusahkan dan membosankan. Justru sebaliknya, ini adalah puncak pembelajaran yang sesungguhnya.

Berikut beberapa tanggapan dari alumni SPB :

Di SPB itu nggak Cuma dapet ilmu politik atau seputar pemerintahan.
Tapi juga bisa jadi pinter ngomong di depan publik.
Terus dapet temen-temen yang asyik, bukan temen dink, tapi saudara. J -Amanda

Saya pribadi merasa sangat beruntung bisa ikut SPB soalnya di SPB kita nggak Cuma dapet pengalaman aja, nggak Cuma dapet ilmu aja, tapi kita dapet rumah dan keluarga baru, dapet sahabat diskusi juga, dari diskusiin ide, problematika hidup, sampai soal negara.
Singkatnya, kita bisa dapet hampir semua yang kita inginkan dalam kehidupan berorganisasi. Lengkap kaya rasa2 di jagung naga, pedes asem manis, sampai rasa cumi2 😀
Sebagai maru yang masih sedikit ilmu kekampusannya, cocok banget ikut SPB, istilahnya temen nongkrong dikala galau deh. . – Aulia

Keikutsertaanku pada SPB diawali disaat Gelar UNS EXPO di SC UNS. Saat melewati Stand BEM UNS langsung aku daftar dan ninggalin CP.
Setelah beberapa hari ada sms pemberitahuan akan diadakan acara Magnetops (acara awal bagi magangers di BEM.
Ternyata ada rangkaian acara lagi bagi magangers yaitu SPB, yang istiqomah sejak magnetops ampe spb terbilang sedikit banyak peserta yang gugur dalam seleksi alam, awal mendaftar SPB kaget ternyata ada macam KRS juga trus tandatangan mirip pengajar wahh kayak kuliah aja, seinget Aku dulu yang daftar 120 orang banyak,dalam krs juga ada semacam mata kuliah yang akan dijalanin misal Pengembangan diri,lobying,dll.materi disampaiakan satu kali dalam seminggu mencari waktu yang senggang disana banyak kenalan ank lintas fakultas yang ternyata asyik2, pengajarnya pun mantap2 misalnya Mantan Presiden BEM, Mawapres, Pemenang PKM, dll disitulah gemblengan kawah candradimuka.
Kita dilatih soft kill hingga Pengetahuan lengkap,setelah fase 1 bulan berlalu tibalah waktu untuk wisuda angkatan pertama SPB yang dikemas dengan Training Kebangsaan atau TKB di Tawangmangu, selama dua hari Kita dimantapkan di sana tidur bersama dan kemah,tidak ada sinyal, rasanya yang ada cuma kebersamaan disana Kita ada sesi FGD, Outbond, api unggun, hingga terakhir pelepasan.
Banyak manfaat dan ilmu yang Saya dapat dari SPB ini, dari rekan antar fakultas, mengetahui BEM,cara berorganisasi dan sosialisasi hingga hidup bermasyarakat.-Bagus Adhi

Penasaran kan?
Ada banyak hal yang akan kamu dapatkan di SPB ini. Tentunya akan sayang apabila kamu membiarkan kesempatan untuk menjadi salah satu generasi tangguh penerus bangsa lewat begitu saja.

Daftarkan dirimu menjadi peserta SPB sekarang juga!!!

Oleh : Kementerian POSDM BEM UNS
Kabinet UNS BERSATU

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s