Penjara


Aku dan pondok sederhana ini, di dalam pagi yang berkabut pekat, dalam bilangan usia yang tak lagi memanja. Kali ini duduk, berselonjor kaki, bersandar pada dipan reyot yang habis di makan senja. Memandang segala sudut yang tergapai oleh mata tua yang nanar meneteskan lara, tersilap memandang satu sudut dalam ruang sempit berteralikan ornamen pagar dengan seribu satu celah kecil, tempat Surya merembeskan sinar keemasaanya.

Telah lama aku terpasung dalam penjara berterali dabag ini, anakku. Aku, wanita tua yang hidup sebatang kara, bersuamikan gelap malam dalam pantulan rembulan yang hangatnya menyelimuti dingin yang menusuk hingga ke sumsum tulang. Tersisihkan dari pembangunan dan segala tetek bengeknya, terkucilkan dari kerumunan suka cita. Terbuang bersama onggokan makian sampah yang tiap hari mereka suarakan.

***

Aku dan pondok sederhana ini, di dalam malam yang hangat temaram dibawah sinar bulan, dalam bilangan usia belia lagi memanja. Berdiri di pelataran pondok sembari menatap angkasa raya yang luasnya tak tergapai jemari, menghirup aroma suka cita kebebasan setelah sepanjang usia terkungkung dalam panti, tempat hidupnya anak-anak buangan yang tak diakui ayah-bundanya, lahan penyemai harta bagi pengelola korup yang kikir lagi bakhil.

Ini hari kebebasan si gadis belia yang telah lama menunggu pembebas segala ketidakpuasan akan hidup yang tak pernah memberinya keadilan sebagaimana yang ia inginkan. Aku adalah dia, si gadis belia yang bebas.

Bebas. Lepas. Sebelum aku tahu bahwa dunia gelap lah yang akan mencengkeramku dengan ribuan sulurnya yang membelit tubuh. Bebas. Lepas. Sebelum aku menyadari bahwa kehidupan di malam hari akan semenyedihkan ini.

Selayaknya seorang pendosa, aku tertawa terbahak meratapi nestapa yang menjerumuskanku dalam kelamnya dunia. Selayaknya manusia yang menghamba pada Tuhan-jika Ia ada, aku memohon ampun dalam tiap desah nafas yang lara.

***

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s