Perpustakaan Islam Kartoepuran


Sejarah Perpustakaan Islam

Sejarah perpustakaan Islam Surakarta bermula dari seorang tokoh Partai Masyumi bernama Abdullah Affandi. Setelah partai Masyumi dibubarkan, Abdullah Affandi bersama beberapa aktivis Islam lain mendirikan Yayasan Kesejahteraan Pemuda Islam (YAKPI). Pendirian yayasan ini bertujuan untuk mensejahterakan umat Islam Solo melalui ilmu pengetahuan dari berbagai bidang. Maka, pada tahun 1958 didirikanlah perpustakaan Islam Surakarta di Jalan Slamet Riyadi di Gedung Wisma Batari (sekarang Bank Bukopin Slamet Riyadi).

Komplek Gedung Umat Islam Solo

Pada tahun 1960,  beberapa aktivis Islam di Surakarta mendirikan Gedung Umat Islam yang beralamat di Jeyengan, Kartopuran. Bersamaan setelah resminya gedung tersebut, diberi amanahlah YAKPI untuk mengurus Gedung Umat Islam. Pada akhirnya, tahun 1960, Perpustakaan Islam Surakarta pindah ke alamat Jeyengan Kartopuran sampai saat ini.

Perpustakaan Islam Surakarta (tampak tengah)
Perpustakaan Islam Surakarta (tampak tengah)

Mulanya, Perpustakaan Islam mempunyai banyak koleksi buku-buku yang cukup penting. Diantaranya buku-buku terbitn CV. Boelan Bintang,  Ramadhani Solo, Panjimas, Toha Putra, Penerbit UII Press, dan lain-lain. Namun, saat ini buku-buku tersebut sudah diminta kembali oleh perpustakaan pusat Universitas Islam Indonesia Jogja, sebab awalnya area Gedung Umat Islam adalah tempat berdirinya UII Surakarta sebelum UII digabung menjadi Universitas Sebelas Maret pada tahun 1976.

Kegiatan Keislaman

Di Area Komplek Gedung Umat Islam, banyak sekali organisasi Islam berdiri. Semenjak tahun 1960 sampai saat ini sudah banyak yang singgah silih berganti di area tersebut,  seperti kantor PII, INSIST, HMI , Kantor Berita An-Najah, dan lain-lain. Namun, untuk saat ini kantor-kantor yang berdiri di komplek tersebut adalah Perpustakaan  Islam Surakarta, Majelis Taklim Al-Huda, Pusat Studi Peradaban Islam (PSPI), Kantor Cabang Partai Bulan Bintang, Poliklinik Asy-Syifa, Pengurus Wilayah Wanita Islam, Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam Bakti Surakarta, dan Yayasan Perguruan Tinggi Islam (YAPERTIS).

Perpustakaan Islam Surakarta
Perpustakaan Islam Surakarta
Majelis Taklim Al Huda
Majelis Taklim Al Huda
Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam Bakti
Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam Bakti
Poliklinik Asy-Syifa
Poliklinik Asy-Syifa
Pengurus Wilayah Wanita Islam
Pengurus Wilayah Wanita Islam
Pusat Studi Peradaban Islam
Pusat Studi Peradaban Islam

Penulis: Adhytiawan Suharto, Kepala Bidang PPA HMI Komisariat Muh. Iqbal Surakarta

Satu tanggapan untuk “Perpustakaan Islam Kartoepuran

  1. Bismillah….
    Kami ingin menawarkan kepada Perpustakaan Islam Kartoepuran tentang buku² terjemahan dan karya dari para da’i yang berpegang kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman Salafush shalih.
    Untuk dijadikan sebagai isi Perpustakaan Islam Kartoepuran.

    Jika ingin langsung melihat buku² nya kunjungi channel telegram:
    http://t.me/terjemahalkhidhir

    atau contack:

    ☎️ 085741741433 (A.S. Prapanca)

    Suka

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s