Dinamika Perjuangan KAMMI di Kampus Hijau


Pengantar

Menjadi admin website KAMMI Komisariat Sholahuddin Al Ayyubi selama dua tahun terakhir membuat saya berkesempatan membaca satu demi satu tulisan-tulisan kader KAMMI ini sebelum dipublikasikan secara masif ke hadapan para pembaca setia website KAMMI UNS (kammiuns.org).

Pada suatu kesempatan, saat saya tengah membaca kembali naskah-naskah yang telah terbit secara online tersebut, saya menemukan suatu dorongan untuk menghimpun tulisan-tulisan kader yang terserak menjadi satu kesatuan utuh yang padu. Bukan hanya sebagai pembuktian pada khalayak bahwa intelektualitas dalam tubuh KAMMI hidup dan tumbuh subur, tapi juga dengan harapan besar bahwa kompilasi naskah ini mampu memberikan sumbangan ide dan gagasan pada bangsa Indonesia sesuai dengan solusi Islam yang kami yakini sebagai tawaran perjuangan.

Ragam tulisan yang terserak ini lahir dari kader yang dibesarkan dalam rahim KAMMI, lebih spesifik lagi KAMMI UNS. Meskipun besar dari kultur yang sama, corak pemikiran kader ternyata tak selalu seragam. Dialektika yang terjadi antar sesama kader layak menjadi bahan pembelajaran yang berharga. Bukan hanya agar kita menerima perbedaan, tetapi agar kita terus mendorong lahirnya warna-warni gagasan dari setiap kader tanpa memandang jenjang marhalah maupun tahun angkatan.

Gagasan-gagasan yang dihimpun dalam buku ini saya kategorikan dalam tiga tema besar, yakni: Mahasiswa Muslim Negarawan, Membumikan Misi Profetik, dan Menuju Indonesia Madani.

Mahasiswa Muslim Negawaran berisi gagasan kader terkait interpretasi atas tafsir status dan peran mereka sebagai mahasiswa, lebih khusus lagi mahasiswa muslim yang memiliki kesadaran kolektif sebagai kader umat sekaligus kader bangsa.

Meletakkan keimanan sebagai ruh atas penjelajahan nalar akal menjadi titik pijak para kontributor buku ini memandang problematika umat yang berkembang di dunia. Mereka mencoba mengurai titik pangkal segala persoalan yang kini dihadapi umat sekaligus memetakan solusi atas permasalahan tersebut sebagai bentuk membumikan misi profetik yang telah diwariskan oleh suri tauladan utamanya, Rasulullah saw.

Sebagai way of life yang syumul, Islam dipandang mampu menjadi solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi bangsa. Para kontributor buku ini telah membuktikan bahwa tak ada sekat antara Islam dan negara dengan memberikan ragam perspektif tentang politik, kebangsaan, hingga kepemimpinan yang amat menarik untuk dikaji secara mendalam.


DAFTAR ISI

MAHASISWA MUSLIM NEGARAWAN 

Generasi Baru, Generasi Pembaharu (Eko Pujianto)

Mahasiswa Hebat? Yakin?  (Alikta Hasnah S)

Kaderisasi, Refleksi Proyek Menata Peradaban (Cos Ma’arif)

Melawan Keberpihakan Media Massa, Peran Generasi Solutif  (Agus Suroso)

Mengenal Muslim Negarawan  (Alqaan Maqbullah Ilmi)

Ammarism Kader KAMMI  (Zulfikar Ali Ahmad)

MEMBUMIKAN MISI PROFETIK 

Melek Realitas (M.Fatihul Umam)

Problematika Umat (Firdaus Zulfikar)

Muslim Rohingya, Korban Kapitalis atau Korban Etnis? (M.Fatihul Umam)

Muhammad, Bisnis dan Da’wah (M. Hasan Cahya)

Muslim Wajib Kaya!  (Hafidh Wahyu P.)

Nasionalisme-Religius  (Khalid Sibghatullah R)

Manusia, Dogma Spiritualitas, dan Hilangnya Ruh Peradaban  (Firdaus Zulfikar)

MENUJU INDONESIA MADANI 

Pelacuran Intelektual Menjelang Pilpres 2014  (Anggel D. Satria)

Silence Is Betrayal  (Chaerunisa)

KAMMI dan Pemberdayaan Perempuan (Hartono)

Sumpah Pemuda dan Mainstream Indonesiasentris (Alikta Hasnah S)

KAMMI: Geliat Pemerhati “Syariah” Sebagai Solusi Krisis Keuangan Global  (Anggel D. Satria)

Cukup Satu Saja!  (Hasan Fahrur Rozi)

Cukupkah Satu Saja?  (Tanggapan atas Tulisan Hasan Fahrur Rozi: Cukup Satu Saja!)  (Alikta Hasnah S.)

Mudah-mudahan, kompilasi tulisan ini mampu menjadi saksi bagaimana kader-kader KAMMI merumuskan ide dan gagasan mereka yang terbingkai dalam semangat keislaman dan keindonesiaan yang kental, dengan dijiwai paradigma gerakan KAMMI yang mengakar kuat dalam diri.

Selamat membaca!

Hormat saya,

Alikta Hasnah Safitri

Satu tanggapan untuk “Dinamika Perjuangan KAMMI di Kampus Hijau

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s