Catatan Perjalanan yang Tak Sempurna


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PROGRAM KERJA

BIDANG MEDIA, KOMUNIKASI, DAN INFORMASI

PERIODE 2014/2015

MUQODIMAH

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wa barakatuh

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas karunia dan hidayah-Nya sehingga senantiasa bisa menikmati indahnya iman dan Islam. Shalawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam, yang kisahnya tak kan pernah lekang dimakan zaman dan akan selalu membawa hikmah serta kekuatan dalam perjuangan dakwah yang panjang ini.

Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan secara formal progress kerja bidang Media, Komunikasi, dan Informasi (Medkominfo) selama satu periode, terhitung sejak pelantikan (Juli 2014) hingga Pleno 2 (April 2015). Dalam rangka implementasi misi poin ke-2 dan ke-6 yaitu menghidupkan komisariat dengan budaya literasi dan optimalisasi media, jaringan, dan fungsi penokohan kader sebagai sarana pencitraan KAMMI Sholahuddin Al Ayyubi UNS, Ketua Umum KAMMI Komisariat Sholahuddin Al Ayyubi UNS periode 2014/2015 mengamanatkan arahan bidang sebagai berikut:

  1. Menjalin komunikasi dengan tokoh kampus, tokoh Solo, media kampus dan media lokal, dan pergerakan lain.
  2. Menghidupkan media sosial yang dimiliki KAMMI sebagai sarana pencitraan KAMMI ke masyarakat publik (terkhusus kampus).
  3. Mempublikasikan segala kegiatan KAMMI.
  4. Mempublikasikan tulisan-tulisan kader KAMMI dan mendorong kader untuk bisa terus menulis melalui media.
  5. Menjaga kesolidan internal Medkominfo.

Kristalisasi arahan bidang tersebut adalah program kerja yang selanjutnya akan kami laporkan pertanggungjawabannya dalam laporan berikut.

ANALISIS S.W.O.T BIDANG

Terhitung sejak pelantikan (Juli 2014) hingga Pleno 2 (April 2015), kami rumuskan SWOT bidang Medkominfo sebagai berikut:

S W O T
Pada awal kepengurusan, diketahui bahwa pengurus bidang medkominfo memiliki kemampuan/skill yang cukup baik dalam pengelolaan media. Hal ini juga ditunjang oleh fasilitas pribadi yang dimiliki. Selain itu, KAMMI telah memiliki kanal media sosial yang telah dikenal publik dengan cukup baik. Jumlah pengurus bidang medkominfo adalah tujuh orang dengan 4 ikhwan dan 3 akhwat. Masing-masing memiliki kesibukan di luar KAMMI, baik kesibukan akademis maupun organisasi internal, sehingga partisipasi dalam melaksanakan program kerja bidang terbilang rendah. Namun, jelang akhir kepengurusan, kondisi keaparatan bidang semakin parah, dengan menyisakan ketua bidang dan sekretaris bidang yang aktif dalam kepengurusan.

Hingga akhir kepengurusan, pengurus bidang medkominfo belum membuat database alumni dan jaringan yang established sehingga jaringan KAMMI pun belum mapan.

Hal yang paling krusial adalah belum tersedianya sumber dana yang memadai untuk pelaksanaan agenda kerja bidang.

Pada awal bulan April, facebook Kammi Uns mengalami pemblokiran dan dialihkan menjadi fanpage. Hal ini cukup menyebabkan terganggunya komunikasi Kammi pada publik, tetapi hal itu segera ditanggulangi dengan pembuatan akun baru, yakni Muslim Negarawan Uns.

Saat ini, media sosial menjadi sarana pergaulan mahasiswa untuk mengakses ragam informasi. KAMMI memiliki peluang untuk hadir sebagai alternatif asupan wacana bagi mahasiswa pada umumnya dalam upaya pencerdasan dan penyadaran kondisi keislaman, keindonesiaan, dan kemahasiswaan pada umumnya. Media-media mainstream telah menawarkan sudut pandang terhadap kondisi Islam dengan dengan subjektivisme dan objektivisme masing-masing, KAMMI sebagai pergerakan mahasiswa berasas Islam memiliki tanggung jawab memberi warna dari mainstreamnya media yang ada saat ini.

KONDISI KEAKTIFAN PENGURUS

  • KUALITATIF

Pengurus bidang Medkominfo terdiri dari empat orang Ikhwan, yakni: Hafidh, Mahmud, Doni, dan Rizky serta tiga orang akhwat yakni: Alikta, Ishmah, dan Asnaeni. Sejak musyawarah kerja hingga pleno 1 kondisi keaktifan pengurus bidang medkominfo terbilang cukup memprihatinkan.

Hafidh cukup aktif dalam agenda bidang medkominfo, akan tetapi belum dapat menjalin komunikasi yang baik dengan staff-staff bidang medkominfo ikhwan, sehingga staff-staff ikhwan belum dapat berpartisipasi secara optimal dalam agenda bidang, meskipun beberapa diantaranya cukup aktif terlibat dalam agenda KAMMI  dan organisasi internal kampus.

Doni Wahyu dan Rizky Khaerul sibuk dalam organisasi internal kampus, sehingga peran mereka untuk mengurus jaringan KAMMI UNS kurang begitu baik. Mahmud menjalankan perannya untuk mengelola sosial media KAMMI dengan membuat beragam poster kegiatan KAMMI selama periode kepengurusan.

Alikta cukup aktif baik dalam agenda bidang medkominfo maupun agenda KAMMI yang lain, akan tetapi belum dapat merangkul staff-staff bidang medkominfo akhwat sehingga baik Asnaeni maupun Ishmah belum dapat berpartisipasi secara optimal dalam agenda-agenda KAMMI, meskipun bukan berarti mereka lalai akan tanggung jawabnya sebagai kader KAMMI. Sebab keduanya aktif dalam kegiatan akademis dan organisasi di internal kampus yang bermanfaat. Dalam satu periode kepengurusan, belum sekali pun seluruh pengurus dapat bertatap muka, sehingga wajar apabila dalam keberjalanannya program kerja bidang ini pun banyak tersendat.

  • KUANTITATIF
NO NAMA LENGKAP AMANAH SYURO BIDANG PROKER BIDANG
1 Hafidh Wahyu Purnomo Kepala Bidang 3x 3x
2 Alikta Hasnah Safitri Sekertaris Bidang 3x 3x
3 Doni Wahyu Prabowo Staf Bidang
4 Mahmud Nur Kholis Staf Bidang
5 Rizky Khaerul Ikhwan Staf Bidang
6 Asnaeni Staf Bidang 1x
7 Ishmah Zahrol Firdausi Staf Bidang 1x

 

 LPJ PROGRAM KERJA

Pengelolaan Website dan Media Sosial KAMMI UNS

  • Nama proker

Pengelolaan Website dan Media Sosial KAMMI UNS

  • Bentuk kegiatan

Memantau dan mengupdate secara berkala website dan media sosial resmi yang dimiliki KAMMI Komisariat Sholahuddin Al Ayyubi UNS, yakni:

  1. Website: http://kammiuns.org
  2. Twitter: @KAMMIUNS
  3. Facebook: Muslim Negarawan Uns (sebelumnya bernama Kammi Uns, kini akun tersebut berubah menjadi fanpage).
  4. Fanpage: Kammi Uns
  5. Soundcloud (Rekaman Suara): Kammi Uns
  6. Issucom: Kammi Uns dan Muslim Negarawan Uns
  • Tujuan

Terjalinnya komunikasi yang hangat dengan publik melalui media sosial, terdokumentasi dan terpublikasikannya agenda-agenda KAMMI UNS pada publik, pencitraan positif lembaga pada publik

  • Sasaran

Mahasiswa dan masyarakat umum pengguna internet

  • Penanggung Jawab

Asnaeni, Alikta Hasnah Safitri, Mahmud Nur Kholis

  • Pelaksanaan

Selama kepengurusan KAMMI UNS periode 2014/2015

PELAKSANAAN

Keterangan Rencana Realisasi
Kualitatif Terjalinnya komunikasi yang hangat dengan publik melalui media sosial, terdokumentasi dan terpublikasikannya agenda-agenda KAMMI UNS pada publik, pencitraan positif lembaga pada publik

 

1.    Facebook dan fanpage Kammi Uns cukup aktif untuk mengabarkan info-info agenda Kammi Uns kepada publik. Selain konten berupa kata dan foto kegiatan, kami juga membuat pamflet yang secara online disebarluaskan guna menambah masifnya syiar KAMMI.

2.    Pengelolaan twitter cukup baik dengan membuat kultwit tentang tulisan kader dan mengabarkan agenda-agenda Kammi pada publik.

3.    Pengelolaan website Kammi cukup baik, dengan hadirnya ragam tulisan kader yang disajikan secara berkala. Akan tetapi, bidang medkominfo mengalami kesulitan dalam membuat rilis kegiatan karena minimnya sumber daya. Akan lebih baik jika masing-masing bidang membuat rilisnya masing-masing untuk kemudian dimuat dalam web kammi.

4.    Untuk memotivasi kader menulis, kami mengambil inisiatif membuat kompetisi menulis setiap dua pekan sekali dengan hadiah berupa buku. Buku ini diharap mampu dibuat resensinya, sehingga menambah khazanah pengetahuan bagi kader yang lain. Kompetisi sudah dilaksanakan beberapa kali. Dalam beberapa kesempatan, ada kader yang mengikuti kompetisi, namun di beberapa kesempatan lain tidak ada kader yang mengikutinya. Namun, kompetisi ini merupakan hal yang baik untuk diteruskan.

5.    Pengelolaan soundcloud tidak dapat lagi dilakukan karena akun tersebut terhubung dengan akun facebook lama yang telah diblokir. Dengan segera, tim medkominfo akan membuat akun baru.

6.    Pengelolaan Issuu.com dipindah dari akun sebelumnya (Kammi Uns) ke Muslim Negarawan Uns untuk menyesuaikan koneksi dengan facebook yang baru.

Kuantitatif Bertambahnya jumlah pengunjung dan jaringan pertemanan di kanal media resmi milik KAMMI UNS, antara lain:

Website: http://kammiuns.org, Twitter: @KAMMIUNS, Facebook: Muslim Negarawan Uns, Fanpage: Kammi Uns, Soundcloud (Rekaman Suara): Kammi Uns, dan Issue (Buletin Elektronik): Kammi Uns dan Muslim Negarawan Uns

Jumlah pengunjung dan jaringan pertemanan di kanal media resmi milik KAMMI UNS bertambah.

Website http://kammiuns.org

Juni 2014: 726 pengunjung

Juli 2014: 635 pengunjung

Agustus 2014: 664 pengunjung

September 2014: 606 pengunjung

Oktober 2014: 442 pengunjung

November 2014: 411 pengunjung

Desember 2014: 1.622 pengunjung

Januari 2015: 548 pengunjung

Februari 2015: 532 pengunjung

Maret 2015: 858 pengunjung

April 2015: 838 pengunjung

Facebook: Muslim Negarawan Uns

Jumlah teman: 145 akun

Fanpage: Kammi Uns

Jumlah pengikut fanpage: 2064 akun

Twitter: @KAMMIUNS,

Follower: I373 akun

Jumlah Tweet3.081

Mengikuti 925 akun

Soundcloud (Rekaman Suara): Kammi Uns

Jumlah rekaman suara: 2 (Diskusi Ideologis 1 dan Diskusi G-30 S-PKI)

(sudah tidak muat lagi)

Issue (Buletin Elektronik): Muslim Negarawan Uns

3 e-book karya kader KAMMI.

 

Waktu Pelaksanaan Selama kepengurusan Selama kepengurusan
Tempat
Anggaran Rp 200.000, – Tahun 2015 belum dibayar.
Penanggung Jawab Alikta, Asnaeni, Mahmud Alikta, Hafidh, Mahmud

  

HAMBATAN

  1. Dalam pengelolaan facebook, twitter, dan fanpage, hambatan yang dialami bidang medkominfo adalah karena belum dapat melakukan interaksi yang interaktif dengan para pengguna media sosial yang lain. Sehingga, pola komunikasi cenderung informatif semata.
  2. Dalam pengelolaan website, kendala yang muncul adalah minimnya kontributor tulisan baik yang berupa opini maupun press release.
  3. Dalam pengelolaan soundcloud dan issuu.com, kendala yang muncul adalah tidak begitu antusiasnya pengguna medsos memanfaatkan fasilitas ini sehingga manfaatnya pun tidak maksimal.
  4. Pola penggunaan media sosial saat ini telah beralih pada beberapa akun media sosial yang sifatnya lebih personal seperti BBM, Line, dan WhatsApp

SOLUSI

  1. Dalam pengelolaan facebook, twitter, dan fanpage bidang medkominfo ke depan harus memperhatikan pentingnya pola komunikasi yang interaktif dengan pengguna akun media sosial lain. Hal ini bisa dilakukan melalui proses kreatif dengan meminta tanggapan pengguna sosial media lain berkenaan dengan satu isu yang sedang menjadi perbincangan.
  2. Dalam pengelolaan website, bidang medkominfo membuat kompetisi menulis dua pekan sekali yang akan menerbitkan tulisan kader yang diikutsertakan dalam kompetisi di website Kammi Uns. Hadiah kompetisi berupa buku yang harus dibuat resensinya oleh pemenang, sehingga Kammi Uns minimal akan mendapat dua tulisan sekaligus, yakni essay dan resensi.
  3. Tetap mengelola akun soundcloud dan issuu.com, sebab masih ada pengguna sosial media yang antusias mengakses dua situs tersebut.
  4. Membeli inventaris baru bagi KAMMI UNS berupa HP Android agar Kammi Uns dapat berkomunikasi secara lebih personal pada publik melalui BBM, Line, dan WhatsApp.

REKOMENDASI

Selama satu periode kepengurusan ini, bidang medkominfo belum membuat grand desain yang utuh mengenai persepsi apa yang akan ditawarkan pada publik terkait sikap KAMMI dalam menyikapi suatu persoalan. Sehingga, gerak bidang medkominfo pun terkesan sporadis dan hanya berbasis isu atau agenda. Ke depan, medkominfo harus lebih concern membuat satu konsepsi yang utuh mengenai pengelolaan media sosial dalam nalarnya sebagai gerakan mahasiswa. Pembentukan sebuah tim media yang profesional adalah rekomendasi yang kami tawarkan untuk kepengurusan mendatang. Tim Media berasal dari kader KAMMI yang memiliki minat dan kapasitas yang mumpuni di bidang media, komunikasi, dan informasi. Tim ini akan menjadi pelaksana teknis yang berada di luar kepengurusan dengan tetap memperhatikan arahan dari bidang medkominfo. Hal ini diharapkan akan membuat pengelolaan media KAMMI lebih profesional, konsisten, dan memberi dampak positif bagi pencerdasan publik maupun pencitraan lembaga.

Buletin Negarawan (Cetak dan Elektronik)

  • Nama proker

Buletin Negarawan (Cetak dan Elektronik)

  • Bentuk kegiatan

Pembuatan buletin  yang berisi informasi terbaru yang berkembang dalam lingkup universitas, lokal, maupun nasional, tulisan dari kader KAMMI Shoyyub UNS, dan dokumentasi agenda KAMMI UNS. Secara elektronik akan dipublikasikan melalui kanal media Issuu.com sementara secara cetak akan dicetak sebanyak 250 eksemplar per dua pekan dan didistribusikan pada kader KAMMI, alumni, organisasi kemahasiswaan internal maupun eksternal, serta mahasiswa umum.

  • Tujuan

Terdokumentasi dan terpublikasikannya agenda-agenda KAMMI UNS pada publik, pencitraan positif lembaga pada publik, terpublikasikannya tulisan-tulisan kader KAMMI dan mendorong kader untuk bisa terus menulis melalui media

  • Sasaran

Kader KAMMI, Alumni KAMMI UNS, Organisasi Mahasiswa (internal dan eksternal), mahasiswa umum

  • Targetan
  • Penanggung Jawab

Asnaeni, Hafidh Wahyu Purnomo, Mahmud Nur Kholis

  • Pelaksanaan

Dua kali per bulan selama kepengurusan KAMMI UNS periode 2014/2015

Keterangan Rencana (Sesuai dgn raker) Realisasi
Kualitatif Terdokumentasi dan terpublikasikannya agenda-agenda KAMMI UNS pada publik, pencitraan positif lembaga pada publik, terpublikasikannya tulisan-tulisan kader KAMMI dan mendorong kader untuk bisa terus menulis melalui media. Buletin cetak hanya terlaksana dua kali. Pertama, edisi khusus menyambut mahasiswa baru di bulan Agustus yang memuat artikel bertema kemahasiswaan. Kedua, di bulan November, memuat biografi tokoh Haji Agus Salim, resensi buku Misykat, dan iklan KPU Snack. Buletin Negarawan kemudian dirubah namanya menjadi Buletin Madani. Saat ini, tim medkominfo akan menggarap dua buletin sekaligus (untuk bulan April dan Mei).

Buletin Elektronik terbit tiap satu bulan sekali yang kontennya diambil dari website Kammi Uns hingga bulan Januari 2015.

Kuantitatif Penerbitan Buletin Negarawan cetak dilaksanakan rutin setiap dua pekan sebanyak 250 eksemplar. Publikasi Buletin Negarawan Cetak melalui kanal-kanal media sosial KAMMI UNS setia dua pekan.

 

Tidak dapat terlaksana karena keterbatasan dana yang dimiliki. Jika yang dikejar adalah penyampaian pesan pada publik, maka tulisan bisa diposting di website Kammi tanpa mengurangi esensi tulisan. Namun, akan lebih baik jika di awal kepengurusan, bidang medkominfo melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam penggalangan sponshorsip agar dana untuk buletin dapat terjamin selama satu kepengurusan.
Waktu Pelaksanaan Dua pekan sekali Buletin cetak hanya terlaksana dua kali. Buletin elektronik terbit setiap satu bulan sekali hingga Januari 2015.
Tempat    
Anggaran Rp 50.000, – tiap cetak Rp 100.000, – tiap cetak
Penanggung Jawab Alikta, Mahmud, Asnaeni Alikta, Hafidh

 

HAMBATAN

  1. Hambatan utama dalam pembuatan buletin adalah minimnya sumber dana.
  2. Buletin elektronik tidak diminati oleh pengguna akun media sosial.

SOLUSI

  1. Menggunakan dana mandiri personel bidang.
  2. Meniadakan buletin elektronik sejak bulan Januari 2015.

REKOMENDASI

Di awal kepengurusan, bidang medkominfo melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam penggalangan sponshorsip agar dana untuk buletin dapat terjamin selama satu periode kepengurusan.

Jaringan KAMMI UNS (JAMUS)

  • Nama proker

Jaringan KAMMI UNS (JAMUS)

  • Bentuk kegiatan
  1. Menjalin dan menjaga relasi dengan stakeholder dalam bentuk silaturrahim dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung kegiatan KAMMI UNS, diantaranya: Dosen dan birokrat kampus, tokoh-tokoh di Solo, media kampus dan lokal Solo, Organisasi Mahasiswa Eksternal, KAMMI Komisariat/KAMMI Daerah lain, serta alumni KAMMI UNS.
  2. Membuat database relasi KAMMI UNS
  • Tujuan
  1. Terjalin dan terjaganya relasi yang baik dengan stakeholder dalam bentuk silaturrahim dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung kegiatan KAMMI UNS, diantaranya: Dosen dan birokrat kampus, tokoh-tokoh di Solo, media kampus dan lokal Solo, Organisasi Mahasiswa Eksternal, KAMMI Komisariat/KAMMI Daerah lain, serta alumni KAMMI UNS.
  2. Tersusunnya database relasi KAMMI UNS.
  • Sasaran
  1. Dosen dan birokrat kampus
  2. Tokoh/lembaga di Solo
  3. Media kampus dan media lokal Solo
  4. Organisasi Mahasiswa eksternal (Non-KAMMI)
  5. KAMMI Komisariat/KAMMI Daerah lain
  6. Alumni KAMMI UNS
  • Penanggung Jawab
Dosen dan Birokrat Kampus Doni Wahyu Prabowo
Media Kampus dan Media Lokal Solo
Organisasi Mahasiswa Eskternal (Non-KAMMI) Ishmah Zahrol Firdausi
KAMMI Komisariat/KAMMI Daerah lain
Tokoh/Lembaga di Solo Rizky Khaerul Ikhwan
Alumni KAMMI UNS

 

  • Pelaksanaan

Pekan ke-3 selama satu bulan sekali (hari dan waktu menyesuaikan)

Keterangan Rencana Realisasi
Kualitatif Terjalin dan terjaganya relasi yang baik dengan stakeholder dalam bentuk silaturrahim dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung kegiatan KAMMI UNS, diantaranya: Dosen dan birokrat kampus, tokoh-tokoh di Solo, media kampus dan lokal Solo, Organisasi Mahasiswa Eksternal, KAMMI Komisariat/KAMMI Daerah lain, serta alumni KAMMI UNS

 

Secara struktural, kami hanya dapat bersilaturrahim satu kali ke Monuman Pers Nasional. Meskipun sudah merencanakan kunjungan ke beberapa tempat lain, dengan alasan waktu yang tidak sinkron, kunjungan batal dilaksanakan. Satu kali kunjungan ini kemudian di follow up-i dengan mengadakan Training Jurnalistik yang bekerja sama dengan bidang Kaderisasi.

Meskipun belum dapat melakukan kunjungan secara struktural, Medkominfo selalu berusaha hadir dalam agenda-agenda jaringan KAMMI Shoyyub UNS dan menyambut kunjungan dari jaringan KAMMI UNS ke komisariat.

Kuantitatif Dapat bersilaturrahim minimal 1x pada masing-masing sasaran jaringan KAMMI UNS Melakukan kunjungan ke Monumen Pers yang dihadiri oleh 5 kader KAMMI UNS.
Waktu Pelaksanaan Satu bulan 1 x Terlaksana 1 kali selama satu periode
Tempat
Anggaran  
Penanggung Jawab Doni, Ishmah, Rizky Hafidh

 

HAMBATAN

  1. Tidak aktifnya pengurus yang menjadi penanggung jawab Jaringan KAMMI UNS.
  2. Minimnya i’tikad dari ketua dan sekretaris bidang yang cenderung lebih memaksimalkan kerja-kerja di media sosial.
  3. Tidak adanya tujuan yang jelas dalam membangun jaringan selain keinginan untuk membina hubungan baik.

SOLUSI

  1. Ketua dan sekretaris bidang seharusnya lebih bertanggung jawab dalam mengondisikan staff bidang sehingga mereka menjalankan tugasnya dengan baik.
  2. Membina hubungan baik secara kultural dengan berbagai elemen gerakan mahasiswa, ormas, tokoh kampus/masyarakat.
  3.  Berusaha hadir memenuhi undangan agenda-agenda jaringan KAMMI Shoyyub UNS maupun menyambut kunjungan dari jaringan KAMMI UNS ke komisariat.

REKOMENDASI

            Agar fungsi jaringan lebih terarah, sebaiknya bidang medkominfo mengintegrasikan silaturrahim KAMMI UNS dengan Manhaj Kaderisasi 1433 H berkenaan dengan silaturrahim tokoh dan kurikulumnya. Hal ini akan berdampak positif sebagai upaya pembinaan kader sekaligus membina hubungan baik dengan berbagai elemen masyarakat.

LPJ NON-PROGRAM KERJA

  1. TRAINING JURNALISTIK
  • Nama proker

TRAINING JURNALISTIK: Media Undercover

  • Bentuk kegiatan

Bentuk kegiatan berupa training dan workshop jurnalistik.

  • Tujuan

Membantu bidang kaderisasi melaksanakan manhaj kaderisasi untuk menyelenggarakan training jurnalistik di komisariat sekaligus sebagai rangkaian kegiatan Pra Dauroh Marhalah 1 KAMMI UNS.

  • Sasaran

Kader KAMMI dan Mahasiswa Umum.

  • Penanggung Jawab

Bidang medkominfo dan kaderisasi KAMMI UNS.

  • Pelaksanaan

 

Keterangan Rencana Realisasi
Kualitatif Terimplementasikannya manhaj kaderisasi agar tercipta kader yang paham mengenai dasar-dasar jurnalistik.

 

Terselenggara training dan workshop jurnalistik satu kali selama satu periode kepengurusan. Secara substansial, konsep acara dan tujuan acara dapat terlaksana dengan baik. Akan tetapi, dalam prosesnya, tidak terjadi integrasi antara kedua bidang yang bertanggungjawab terhadap berjalannya acara. Dalam hal ini, bidang kaderisasi lebih dominan memberikan perannya dalam hal taktis keberjalanan acara. Peserta kegiatan juga terbilang sangat sedikit dan jauh dari yang diharapkan.
Kuantitatif Terselenggara satu kali selama satu periode. Terselenggara satu kali selama satu periode.
Waktu Pelaksanaan
Tempat
Anggaran  
Penanggung Jawab Bidang Kaderisasi dan Bidang Medkominfo Bidang Kaderisasi dan Bidang Medkominfo

 

HAMBATAN

  1. Training jurnalistik tidak disertakan dalam program kerja Medkominfo saat musyawarah kerja. Training ini dibuat dalam rangka kegiatan Pra-DM1. Sehingga, persiapan yang dilakukan menyita energi yang cukup besar daripada yang seharusnya.
  2. Telah dilaksanakan agenda dengan konsep serupa oleh Lembaga Pers Mahasiswa Islam satu pekan sebelumnya, sehingga training jurnalistik KAMMI UNS memiliki posisioning yang kurang begitu bagus saat dipasarkan pada publik.
  3. Tidak begitu banyak orang yang tertarik pada hal-hal yang berkaitan dengan jurnalistik.

SOLUSI

  1. Akan lebih baik jika training jurnalistik tidak dijadikan sebagai kegiatan Pra DM1, melainkan kegiatan follow up DM1.
  2. Melakukan promosi kegiatan yang lebih masif melalui ragam media sosial dan menyebar undangan pada KAMMI komisariat lain maupun gerakan eksternal mahasiswa lain.

REKOMENDASI

Meskipun pelaksanaan training jurnalistik pada periode ini terkesan mendadak karena tidak direncanakan dalam program kerja bidang, substansi yang didapatkan peserta pasca kegiatan tercapai dengan baik. Sehingga, kegiatan ini layak untuk dimasukkan dalam program kerja bidang pada periode mendatang.

BUKUne KAMMI

  • Nama proker

BUKUne KAMMI

  • Bentuk kegiatan

Membuat buku yang berisi kompilasi tulisan kader dan rilis agenda KAMMI.

  • Tujuan

Terdokumentasikannya tulisan kader dan agenda KAMMI dalam bentuk buku yang dapat diwariskan untuk komisariat sekaligus sebagai pencitraan lembaga pada publik.

  • Sasaran

Kader KAMMI dan masyarakat umum.

  • Penanggung Jawab

Alikta

  • Pelaksanaan

 

Keterangan Rencana Realisasi
Kualitatif Membuat buku berisi kompilasi tulisan kader dan rilis agenda KAMMI. Telah terealisasi dua buku elektronik

1. Kompilasi tulisan kader KAMMI

Judul: Dinamika Perjuangan KAMMI di Kampus Hijau

Kontributor: Anggel D. Satria, Alikta Hasnah, dkk

Desain Sampul: Hisyam Latif

2. Kompilasi rilis agenda KAMMI

Judul: Jejak KAMMI Bersahabat 2014/2015

Kontributor: Alikta, Hafidh, Indra

Desain Sampul: Mahmud N.K

Kuantitatif Membuat buku berisi kompilasi tulisan kader dan rilis agenda KAMMI secara cetak dan elektronik. Hanya tersedia edisi elektronik.
Waktu Pelaksanaan
Tempat
Anggaran  
Penanggung Jawab Alikta Alikta

 

 

 

REKOMENDASI
Pembukuan tulisan-tulisan kader, rilis kegiatan, dan hasil-hasil diskusi yang telah dimuat dalam website KAMMI harus dilanjutkan. Sebab, literasi merupakan pembuktian kadar intelektualitas kader KAMMI. Selain buku elektronik, akan lebih baik bila Bidang Medkominfo bekerja sama dengan percetakan untuk mencetak buku tersebut dan menjualnya. Keuntungan dari hasil penjualan ini akan menjadi sumber dana yang menjanjikan bagi komisariat.

REALISASI ANGGARAN          :

LAPORAN KEUANGAN

SELURUH PROGRAM KERJA

BIDANG MEDKOMINFO

Per 3 April 2015

Saldo Awal Bidang: Rp  0
Pemasukan: Rp. 0
Total Pemasukan Rp. 0
Pengeluaran Cetak back drop

Buletin Madani Edisi 1

Buletin Madani Edisi 2

Rp.  95.000, –

Rp 125.000, –

Rp 100.000,-

Total Pengeluaran Rp 320.000, –
Tagihan yang belum dibayar Domain website

Buletin Madani Edisi 3

Buletin Madani Edisi 4

Rp 200.000, –

Rp 100.000,-

Rp 100.000,-

Saldo akhir per 3 April 2015 Rp. 320.000, –
Dana yang dibutuhkan Medkominfo per 3 April 2015 -Rp 720.000,-

 

PENUTUP

Harapan kami, Alloh SWT menerima pertanggungjawaban kami atas amanah yang Dia bebankan di pundak kami.

“Mungkin kami rebah, menyungkur patah, kaki kami menyeret tanah. Namun, kami tiada beralih janji menyesali apa yang telah kami beri. Kami hanya abdi, pendamba cinta-Mu Illahi.

Kami berjalan terus tiada berujung putus, biar tangis terpupus hapus.

Hingga kami berhenti…mati, di atas gumpalan cita-Mu Illahi..

Di sana habis, berhenti menulis

Inna shalaatii wa nusukii wamahyaaya wa mamaati lillahir rabbil’aalamiinn..

(Amir Rajab Batubara)

Dibuat di         : Surakarta

Pada              : 3 April 2015

Hormat Kami

Medkominfo Shoyyub 2014/2015

LAMPIRAN

FANPAGE KAMMI UNS

WEBSITE KAMMI UNS

FACEBOOK KAMMI UNS

ISSUU.COM

TWITTER

WEBSITE 

Judul Postingan Pengunjung
Home page / Archives 4,303
Pelantikan KAMMI UNS 2014: Menjaga Komitmen dan Konsistensi 324
Merumuskan Platform Kader Siyasi KAMMI UNS 305
Bedah Risalah Pergerakan BAB 1: Dakwah Kami (Bag 1) 267
KOLEKSI BUKU 237
Mahasiswa Hebat? Yakin? 212
Bincang Hangat Bersama GMNI UNS: Sekolah Rakyat Tan Malaka (dan Kaderisasi Gerakan Mahasiswa Hari Ini) 162
Sarasehan Lintas Gerakan Mahasiswa (Bag 1): Menerjemahkan Visi dan Desain Kaderisasi Gerakan Mahasiswa 162
Islamisasi Bahasa Sebagai Langkah Awal Islamisasi Sains (Pemikiran Sayid M. Naquib Al-Attas) 160
Diskusi Kepakaran FKIP: Antara KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 140
INILAH KAMMI, BERGABUNGLAH BERSAMA KAMMI 139
Musyawarah Kerja KAMMI Shoyyub 2014/2015 134
Kurikulum Diskusi Integratif KAMMI UNS 131
KOLEKSI BUKU KAMMI UNS 128
Cukupkah Satu Saja? (Tanggapan atas Tulisan Hasan Fahrur Rozi: Cukup Satu Saja!) 122
Merayakan Pemira UNS (3): Panelis Senior itu Mengajak Kita Memilih Mereka 121
Manusia, Dogma Spiritualitas, dan Hilangnya Ruh Peradaban 109
Diskusi Momentum Sumpah Pemuda : “Kontribusi Pemuda untuk Pemira UNS” 99
Government 100, Society 0, be Equal to Nothing: Ketidakjelasan Fungsi Akuntansi Sektor Publik dalam Transparansi Keuangan Daerah 95
Esai Mata Kastrat 1: Manusia dan Ilmu 93
Refleksi Sumpah Pemuda dan Mainstream Indonesiasentris sebagai Usaha Membangun Karakter Pemuda Indonesia 92
Undangan Talkshow “Peran Perempuan dalam Membangun Peradaban Bangsa” *khusus Muslimah* 88
HATI-HATI KUTUKAN KATA! 85
Pengalaman Mengikuti Daurah Marhalah 1 KAMMI 81
Leiden is Lidjen, Memimpin adalah Menderita: Teladan Kepemimpinan Haji Agus Salim 79
Sebuah Ironi, Mahasiswa! 79
Sejarah 78
KAMMI UNS Bedah Risalah Pergerakan: Kepada Apa Kami Menyeru? 74
Idul Adha: Berkurban dengan CINTA KAMMI 72
Pelacuran Intelektual Menjelang Pilpres 2014 71
Generasi Baru, Generasi Pembaharu 71
Berproses Menjadi Muslim Negarawan 71
Aksi Damai KAMMI Daerah Solo Raya Jelang Pilpres: Ojo Mabuk Nek Menang, Ojo Ngamuk nek Kalah 70
Nyali, Berani, dan Aksi 68
Cukup Satu Saja! 67
Diskusi Kepakaran KAMMI UNS Jaringan Fak Hukum : “Rekonstruksi Sistem MK Dalam Menjawab Impian Indonesia Bebas Korupsi” 66
Pengalaman DM1 KAMMI 64
Ambil Bagian Pembinaan Generasi Muda, KAMMI UNS Jadi Juri Pesantren Kilat 63
DM I KAMMI, Nice Experience ! 63
Silaturrahim Lintas Gerakan Mahasiswa 63
Tiga Hari Bersama Daurah Marhalah 1 KAMMI UNS 61
Menjadi Perempuan Pembangun Peradaban 61
KAMMI Bersahabat, Jargon KAMMI Shoyyub UNS 2014 60
Reportase Diskusi Integratif KAMMI UNS Tema 3 60
Cerita DM I (Daurah Marhalah I) KAMMI 60
Temu Kader KAMMI UNS-September 2013 60
Nasionalisme-Religius 59
Merayakan Pemira UNS (1): Belajar dari Panelis Senior 59
Sosok Ayah (Buya Hamka) dalam Resensi 57
Mengapa Aku DM1? 57
Kredo Gerakan 57
Merayakan Pemira UNS (4): Rasa Kenal itu Bernama Mars 56
Notulensi Diskusi Integratif #7: Lintasan Sejarah Perkembangan Gerakan Pembaharuan Islam di Indonesia 56
Pengalaman Bersama KAMMI di Daurah Marhalah I 55
Sekedarnya, Dari Saya 53
SOP Dauroh Marhalah 1 Kammi Uns 3-5 April 2015 53
KETIKA NEGARAWAN MUDA MEMAKNAI SEBUAH KEPAHLAWANAN 52
Kilas Kesan DM1 51
Tekad Anggota Biasa 2 KAMMI UNS: Tuntaskan Marhalah, Sinergiskan Langkah 50
Kilas Kesan DM1 50
Prinsip Gerakan 49
Cerita DM 1 48
Visi-Misi 47
Diskusi Integratif Tema1: Tanggungjawab Intelektual Mahasiswa Dalam Konteks Gerakan Dakwah Kampus 46
Eratkan Ukhuwah, KAMMI Shoyyub UNS Adakan Buka Bersama 46
Haji Misbach: Haji Merah di Pinggiran Panggung Sejarah 45
Merayakan Pemira UNS (2): Mengapa Harus Memilih? 43
Notulensi Diskusi Hari Pahlawan 43
Idul Qurban, Warga Rusunawa Jurug Semai Toleransi 42
Diskusi Kepakaran Fakultas Ilmu Sosial dan Politik: Menguak Hubungan Internasional Pasca Deklarasi Pencapresan Jokowi 41
FTS : DM1 KAMMI 40
Usir Diplomat AS & Australia demi Melindungi Kepentingan Nasional Bangsa Indonesia 40
DISKUSI KEPAKARAN KAMMI UNS BIDANG KHUSUS JARINGAN FISIP “MEMBANGUN KOMUNIKASI POLITIK (STUDI PERBANDINGAN KEPEMIMPINAN JOKOWI DENGAN RIDWAN KAMIL)” 40
Oi, KAMMI, Bangun, Bangunlah! 38
Nasihat Politik Imam Al Ghazali 38
Konsolidasi Badan Khusus Jaringan Fakultas KAMMI UNS: Mari Bergerak Bersama! 38
Muslim Wajib Kaya! 38
MK Klasikal KAMMI Shoyyub UNS 37
Notulensi Mata Kastrat 3: Membedah Pemikiran Yamin 37
Sosma KAMMI UNS: Ramadhan Bersama Santri TPA Rusunawa Jurug 36
Ketua KAMMDA Solo Raya: Ayo Kita Bangun Bersama KAMMI 34
Diskusi Integratif Tema2: Anatomi Masyarakat Islam 34
Di KAMMI Aku Mencari 34
profile 34
Di Mana Mahasiswa? Aku Di Sini (Tidur)!!! 34
Notulensi Diskusi Mata Kastrat: Membedah Pemikiran Haji Misbach 34
Pengalaman Mengikuti DM(daurah marhalah) 1 Kammi uns 33
Misykat (dalam Resensi): Menyelami Lebih dalam Westernisasi dan Liberalisasi 32
Tekad Akhwat KAMMI: Mengapa Aku Mencintai KAMMI? 31
Ammarism Kader KAMMI 30
Intelektual KAMMI: Profetik Menuju Kolektif! 30
Problematika Umat 30
Memahami Arti Persaudaraan dalam Islam 30
Engkau Kuat, Maka Allah Mencintaimu 27
Kebebasan: Muslim atau Liberal? 25
Catatan Perjalanan ICES 2013 #KamiArsitekPeradaban 25
Konseptualisasi Seorang Kader 25
Misbach, Sang Lentera Merah 25
Menemukan Keluarga Baru, KAMMI 25
Pilrek UNS dan Tuntutan Hak Suara bagi Mahasiswa   25
Sikap Wara’ dalam Kepemimpinan, Studi Kepemimpinan Dua Umar 24
Temu Kader KAMMI Solo Raya: Refleksi 2014, Resolusi 2015 24
“Menghijaukan” Kampung Abangan 24
Pleno Akhir KAMMI Shoyyub UNS 24
Belajar dari DM1 KAMMI UNS 23
Refleksi 15 Tahun Kelahiran KAMMI dan Reformasi : Antara Tuntutan, Realita, dan Harapan 23
Perbolehkan Jilbab untuk Polwan, Polri Makin Dewasa 23
Flash True Story: Cerita DM1 22
Karena DM1 Aku Ber-KAMMI 22
3 Hari Bersama Dauroh Marhalah I 21
Eufemisme, Antara Tutur dan Laku 21
Pesta Tahun Baru, MEA, dan Ekstase Masyarakat Konsumer 21
Temu Kader KAMMI UNS: Ketika Telah Memutuskan Memilih KAMMI 20
Melawan Keberpihakan Media Massa, Peran Generasi Solutif 20
Pengalamanku bersama DM1 20
Notulensi Diskusi Integratif #6: Kebangkitan Post-Islamisme 19
Cinta Deh Sama KAMMI 19
Kajian bersama Ibu-Ibu Rusunawa Jurug : Menanamkan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Rumah Tangga 19
Catatan DM1 KAMMI UNS: Diskusi Pro-Kontra Politik Islam 19
Freeze Mob Untuk Gaza 19
Solo Berseri Tanpa Anarki 18
Pelantikan Anggota Biasa KAMMI 18
Diskusi 15 Tahun Reformasi 17
Pengajian Rutin Ibu-Ibu Rusunawa Jurug bersama Bidang Pemberdayaan Perempuan KAMMI UNS 17
“Menengok Sejarah dan Gejolak Mesir” 17
Diskusi Kepakaran KAMMI UNS: Pendidikan Kontekstual dan Konstruktivistik untuk Mengenal Allah 16
KAMMI UNS Adakan Kunjungan Studi ke Monumen Pers Nasional 16
Pilgub Jateng, ‘Tiga Kandidat’ Bergandengan Tangan di Solo 16
Catatan Harian Dauroh Marhalah 1 15
Trustworthy atau Kepercayaan: KARAKTER AWAL DALAM MEMBANGUN SEBUAH PERADABAN BANGSA 15
Muhammad, Bisnis dan Da’wah 15
Diskusi Pemilu Online KAMMI & BEM FMIPA UNS 15
Refleksi Diri: Tazkiyatun Nafs 15
Media Undercover: “Media Milik Siapa? Menggugat Integritas Pers Hari Ini” 15
Dauroh Marhalah 1 KAMMI UNS: Mencetak Muslim Negarawan untuk Indonesia yang Lebih Baik 14
Diskusi Perempuan: Hijab, Antara Kewajiban dan Tren 14
Ketika KAMMI Bicara tentang Peran Guru SMK 13
Sisi Keadilan 13
Bahkan Kepada Hewan- Tentang Imam Bukhari 13
KAMMI: Geliat Pemerhati “Syariah” Sebagai Solusi Krisis Keuangan Global 13
Kaderisasi, Refleksi Proyek Menata Peradaban 12
Menjadi Saksi Sejarah 12
Model Keteladanan Negarawan Dalam Membangun Indonesia Yang Bermoral 12
Undangan Diskusi Integratif #7: Lintasan Sejarah Perkembangan Gerakan Pembaharuan Islam di Indonesia 12
Merawati KAMMI dengan Kebebasan Belenggu Kuasa dan Identik . 10
Tidak Mudah, Prioritas DM1 10
Diskusi Pemira, KAMMI IAIN Salatiga Kunjungi KAMMI UNS 10
Media Undercover: Kemerdekaan Bermula dari Pena 10
MENGENAL MUSLIM NEGARAWAN 9
Media Undercover: Mengurai Peran Media dari Masa ke Masa 9
Pengalaman DM1 Bersama KAMMI UNS 9
Dekonstruksi Makna Terorisme 9
Ketika Negarawan Muda memaknai Ramadhan 8
Peringatan Isra’ Mi’raj di Rusunawa Jurug 8
Menghidupkan Hati 8
KAMMI Peduli : Silaturrahim ke Rusunawa Jurug 8
Kredo Gerakan 8
Asah Kepedulian terhadap Sesama, KAMMI UNS Selenggarakan Donor Darah 7
TOLERANSI YANG DIPERTANYAKAN 6
Diskusi Integratif 6: Kebangkitan Post-Islamisme 5
Silence Is Betrayal 4
test post 4
Sarasehan Lintas Gerakan Mahasiswa (Bag 2): Menerjemahkan Visi dan Desain Kaderisasi Gerakan Mahasiswa 4
Ramadhan, Piala Dunia, dan PilPres 4
Dauroh Marhalah 1: Sekilas Perjalanan 2

 

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s