Setelah 1439 Hijrah Nabi


Foto Alikta Hasnah Safitri.Hijrah di zaman Rasulullah adalah proses pendewasaan bagi sesiapapun ia yang terlibat. 1439 tahun berlalu sejak Hijrah Nabi, sudahkah kita melatih diri untuk berpikir dan bertindak dewasa?

Hijrah mengajarkan makna kemanusiaan yang paling hakiki. Sudahkah kita memanusiakan diri, kelompok, dan menempatkan “liyan” sebagai manusia yang sama?

Hijrah bukan melulu soal bagaimana rupa fisik dan pakaian yang kau kenakan kini. Bukan melulu terlihat dari sesiapapun ia yang kini berada di lingkaran terdekatmu.

Hijrah adalah langkah demi langkah yang ditempuh dalam keberanian, kemantapan hati, perjuangan, pengorbanan, keimanan. Dibingkai dalam persaudaraan dan kemanusiaan yang indah. 1439 tahun berlalu sejak Hijrah Nabi, mengapa masih banyak dari kita saling membenci, melukai perasaan, menyakiti dengan lisan dan tulisan, berprasangka dengan saudara Seiman? Kenapa?

Aku membuka ruang kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas diri setiap waktu, karena itu, tinggalkanlah jejak dengan memberi komentar. Terimakasih :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s